Senin, 29 Maret 2010

PENTINGNYA MEMILIKI MOTIVASI

Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.

Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain/ organisasi.

MOTIVASI BELAJAR

Motivasi belajar tidak hanya penting untuk siswa tetapi juga guru. Pentingnya motivasi belajar bagi siswa sebagai berikut:

· Menyadarkan kedudukanpada awal belajar, proses dan hassil akhir

· Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, bila dibandingkan dengan teman sebaya.

· Mengarahkan kegiatan belajar

· Membesarkan semangat belajar

Pentingnya motivassi belajar bagi guru sebagai berikut:

· Membangkitkan dan memelihara semangat siswa sampai berhasil, membangkitkan bila siswa tak bersemangat meningkatkan bila semangat belajarnya timbul tenggelam, memelihara bila semangatnya telah kuat untuk mencapai tujuan belajar.

· Motivasi belajar siswa dikelas bermacam – macam, ada yang acuh tak acuh,ada yang memusatkan perhatian, ada yang bermain, disamping yang bersemangat untuk belajar. Dengan bermacam ragam motivasi belajar tersebut, maka guru dapat menggunakan bermacam – macam strategi belajar mengajar.

· Meningkatkan dan menyadarkan guru untuk memilih satu diantara bermacam – macam peran, seperti penasehat, fasilisator, instruktur, teman diskusi, penyemangat, pemberi hadiah dan guru pendidik.

· Memberi peluang guru untuk “unjuk kerja” rekayasa pedagosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar